Monday, October 29, 2012

Acne and Its Treatment (Part 1)


Untuk ABG-ABG di dunia jerawat memang merupakan momok yang mengerikan. Saya sendiri berfikir lebih baik ada bisul di pantat dari pada jerawat di wajah. Bagaimanapun juga wajah merupakan aset utama dari seorang wanita. Tapi lebih parahnya lagi saya mengalami jerawat bukan saat di masa puber tapi saat sudah melewati puber (24 tahun). Oke sebelum ke cara mengatasi jerawat lebih baik kita teliti dulu sebenarnya apa penyebab timbulnya jerawat. Seperti tertulis di artikel sebelumnya tentang tips cantik bermake up untuk wajah berjerawat, sebenarnya penyebab jerawat belum ada yang mengetahuinya, akan tetapi dari yang pernah saya alami ada beberapa pemicu tumbuh suburnya jerawat di wajah, antara lain:

http://livingeverydaywithpassion.com
1. Pemakaian krim pemutih
Menurut dokter kulit yang saya datangi, pemakaian krim pemutih yang ada di pasaran sebagian besar cara kerjanya sama, yaitu mengecilkan pori-pori. Untuk kulit wajah normal  memang tidak masalah akan tetapi untuk kulit wajah berminyak (seperti saya) dengan menutupnya pori-pori akan menghambat keluarnya minyak yang mengakibatkan jerawat. Jadi saran saya, lebih penting apabila memiliki kulit bersih, dan sehat bebas jerawat dari pada wajah yang seperti bulan (bergelombang).






2. Pemakaian bedak padat
http://www.flpvietnam.com
Menurut dokter pemakaian bedak padat yang terlalu sering juga tidak baik, karena akan menutup pori-pori. Maka ada baiknya apabila kita menggunakan bedak tabur untuk sehari-hari dan bedak padat untuk dating ke acara special :D








 3. Makan yang tidak sehat dan seimbang
http://www.istockphoto.com
Inilah kesalahan ABG saat ini yaitu makan makanan yang tidak sehat dan tidak seimbang. Misalnya fast food, soda dan banyak makanan berlemak lainnya. Memang benar saat saya berjerawat makanan yang saya makan kebanyakan makanan berlemak, karena disibukkan dengan kuliah saya tidak pernah memasak dan tiap hari selalu jajan (membeli makanan diluar), akibatnya kulit tidak mendapat nutrisi yang cukup sehingga tidak bisa memberikan pertahanan terhadap bakteri jerawat.




     
http://www.strategiesagainstacne.com
      4. Stress
Stress juga merupakan salah satu pemicu utama jerawat. Menjaga hati dan pikiran tetap tenang dan bahagia juga merupakan kunci utama mengurangi tumbuhnya jerawat.










        
      
http://en.paperblog.com
      5.  Memegang-megang dan memencet jerwat
Nah hal ini yang sebenarnya faktor utama meningkatkan jerawat yang ada di wajah. Jangan pernah memencet jerawat, cukup dibersihkan kemudian dioles dengan obat jerawat. Sekali memencet jerawat, maka cairan yang keluar akan menyebar ke daerah lain disekitarnya, akibatnya jerawat bukan berkurang akan tetapi semakin bertambah.











      6. Polusi
Polusi ini juga penyebab semakin suburnya jerawat. Rajin-rajin membersihkan muka ya, paling tidak sehari dua kali, saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.
http://article.wn.com
DStyle
danypsari
@danypsari

No comments:

Post a Comment