Monday, August 6, 2012

Top 10 Korean Cuisine (Part 2)


Setelah sekian lama absen saya lanjutkan makanan lezat ala Korea bagian kedua.

Bude Cingge, Gimje, Korea Selatan
5. Peringkat kelima adalah ramyon, hahahaha. Aneh ya? Tapi mie korea memang rasanya khas. Lebih ke pedas-manis. Favorit saya adalah mie instan korea yang dimasak ditambah dengan sosis, ham dan sayuran. Walaupun kelihatannya biasa, saya sangat menyukai makanan ini. Menurut cerita teman korea, makanan ini dulunya dimasak dan dimakan oleh tentara Korea Selatan pada masa Perang Dunia ke II. Pada waktu itu daging sangat mahal, kemudian ada tentara Amerika yang memberikan daging olahan instan (ham). Karena kelaparan mereka (tentara Korea) memasukka daging tersebut ke dalam ramyon (mie instan). Hampir tiap 2 minggu, ajumma (ibu-ibu penjaga restoran) di dekat lab kami selalu menyediakan makanan ini. Dan kami selalu minta tambah, hahahaha..

Tonkase, Seoul, Korea Selatan
4. Tonkase. Daging yang digoreng dengan tepung roti disajikan dengan saus manis dan salad. Makanan ini gurih dan crispy. Ada juga beberapa restaurant yang memodifikasi makanan ini dengan ditambah keju ke dalamnya.

Omurice (오무라이스), Iksan, Korea Selatan
Rooftop Prince Korean Drama Eating Omurice
3. Omurice (오무라이스). Pernah lihat Korean drama dengan judul “Rooftop Prince”? Dalam drama ini diceritakan raja sangat menyukai masakan omurice. Pertama kali ke korea, dosen saya mengajak saya makan malam omurice. Walaupun digulung dan terlihat sedikit tapi porsinya ternyata besar, hehe.. Omurice adalah singkatan dari omu=omelette dan rice=nasi atau nasi yang dibungkus dengan telur dadar. Biasanya disajikan dengan ketchup. Jangan salah ketchup disana bukan saus kedelai atau biasa disebut kecap di Indonesia, tapi saus tomat,wekekek..

Naengmyon  ()  , Gangneung, Korea Selatan
2. Naengmyon (). Naengmyon adalah mie dingin dicampur dengan es dan acar serta buah-buahan. Mie ini sangat cocok dimakan saat musim panas. Naengmyon terenak adalah buatan ajumma di dekat lab. Disana naengmyon ditambah dengan irisan pir dan rasa kuahnya benar-benar segar, seperti memunculkan energi kembali disaat musim panas.

Byodaguihejanggug ( 뼈다귀해장국), Iksan, Korea Selatan
1. Makanan terfavorit saya yang berada di peringkat pertama adalah 뼈다귀해장국 byodaguihejanggug. Irisan daging iga yang dimasukkan ke dalam kuah yang berisi rempah-rempah kemudian ditaburi bumbu kering. Pertama kali senior saya mengajak saya ke restoran ini dia sedikit merasa khawatir. Karena masakan ini adalah masakan asli korea dengan bumbu-bumbu tradisional. Masakan ini sangat lezat. Jika ada kesempatan ke korea jangan lupa mencoba yaaa J




NB: I don't like Kimchi at all, hahahaha..Makanan kecut yang mematikan rasa :p



danypsari
twitter: @danypsari

No comments:

Post a Comment