Tuesday, January 11, 2011

Top 10 Korean Cuisine (Part 1)

Ada 3 hal yang paling menarik saat berkunjung ke luar negri. Nomor satu adalah fashion. Bohong bila wanita benci shopping dan fashion. At least, salah satu hobby sy yang sering bikin ribut dengan calon suami tercinta adalah masalah belanja. Ok lah kita lewati ini dulu. Yang menduduki ranking dua adalah tempat wisata. Saya akan bahas di tulisan berikutnya. Saat ini saya sedang tertarik untuk membahas soal makanan. Tapi perlu diketahui bahwa saya bukan penggemar makanan sebelumnya. Saya lebih suka mengabiskan pendapatan perbulan untuk fashion, tapi berhubung dan mumpung ada di negri orang apa salahnya mencoba masakan asli sni dan berusaha berkuliner ria. Dari berbagai masakan saya pilih 10 masakan korea yang menurut saya paling lezat. Tentu saja menurut lidah saya.

Time to have fun and enjoy the Korean Cuisine..
Kimchi Bigempap (김치 볶음밥), Gangneung, Korea Selatan
10. Peringkat paling ujung dihuni oleh sang 김치 볶음밥, atau kimchi bogempap atau bahasa indonesianya nasi goreng kimci. Rasa nasi goreng ini pedas tapi lebih ke pedas kimchi. Biasanya diberi taburan keju leleh, nori (rumput laut kering) dan kacang wijen.

Tangsuyuk, Iksan, Korea Selatan
9. Tangsuyuk, daging digoreng tepung dengan saus manis,asam dan kriuk-kriuk..hummm..kecut tapi manis..Enak banget..Orang korea biasanya makan ini untuk yasik atau camilan setelah makan malam. Karena orang korea makan malam sekitar pukul 5 sore sampe 7 malam, sehingga terasa lapar pada malam hari, nah biasanya tangsuyuk dijadikan camilan alternatif.

Bibim Pap (비빔밮), Iksan, Korea Selatan
8. Selanjutnya bibim pap (비빔밮) alias nasi campur. Nasi diberi sayuran, telur setengah matang dan saus pedas trus diaduk jadi satu sebelum dimakan. Makan selagi panas. Humm yang bikin enak panas dan pedas. Biasanya untuk mengimbangi pedas diberi kuah kaldu..

Mandugug (만두국), Iksan, Korea Selatan
7. Mandugug (만두국). Mandu itu semacam tepung yang dalamnya diisi sayuran dan daging kemudian dimasukkan ke kuah kaldu diberi telur dan nori (rumput laut kering). Enak banget dan cocok sebagai makanan pembuka saat perut kosong dan dingin.

Gorengan Chuseok, Iksan, Korea Selatan
6. Aneka gorengan yang muncul saat (추석) Chuseok. 
Chuseouk adalah hari memanen saat bulan purnama. Chuseok dirayakan riap tahun di Korea. Biasanya orang-orang korea yang biasa bermukim di kota kembali ke desa kelahiran masing-masing. Gorengan ini dibuat oleh anak yang nantinya dikirim ke rumah orang tua. jenis gorengan ini ada ubi manis goreng, daging tepung, sosis sayur,dll.


bersambung ke Top 10 Korean Cuisine part 2...

danypsari
Twitter: @danypsari

No comments:

Post a Comment