Monday, January 10, 2011

Professor

Professor, berasal dari bahasa Latin Profesor yang artinya "orang yang mengaku" biasanya orang tersebut ada senior dan ahli dalam bidang seni atau ilmu pengetahuan; seorang guru peringkat tinggi
sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Professor

Di Korea, menurut padangan sy, Professor adalah dewa sang penentu segalanya. Sangat dihormati dan memiliki kekuasaan yang luar biasa. Dari masalah pelajaran sampai mesin fax yang rusak semua harus lapor Professor. Sampai saat jam pulang pun harus minta ijin Professor, apakah boleh pulang atau tidak. Sangat luar biasa. Dan yang paling luar biasa, semua perkataan Professor adalah benar, tak terbantahkan. Tapi sy beruntung menjadi mahasiswa asing, karena bisa membantah,hahahahaha. *menentang hukum alam. Karakter orang Korea yang keras ditambah sikap yang disiplin kadang membuat sosok seorang Professor seperti hantu. Sangat ditakuti,hahahahahaha:))


Pengalaman luar biasa yang baru saja sy alami tentang ke-hantu-an Professor. Beberapa hari yang lalu saya menjadi pembicara seminar Gunsan National University. Saya merasa sangat senang dan bangga karena akan bertemu dengan Professor dari Universitas tersebut. Terakhir kali bertemu Professor tersebut sangat ramah dan luar biasa jenius, sy tidak sabar untuk berdiskusi tentang hasil penelitian. 

Puji Tuhan presentasi lancar, sang Professor idola saya jg memberikan beberapa masukan yang sangat bagus. Tiba saatnya presentasi dari salah satu mahasiswa asing beliau yang berasal dari Cina. Sayang mahasiswa tersebut tidak bisa bahasa korea, sehingga mempresentasikan dengan bahasa Inggris. Saya pikir presentasinya lumayan, yah walaupun hanya tinjauan teori dan pendahuluan tapi sudah jelas kemana arahnya. Tiba-tiba sang professor pujaan hati berteriak "Stop! your presentation is nothing!, Go home to China !!"

OMG..Oh My God..betapa syoknya, tega nian memperlakukan murid sendiri seperti itu, sampai jadi bahan tertawaan mahasiswa yang lain. Sampai menangis pula. Ya Tuhan dalam hati sy merasa sangat bersyukur "Thanks God, he's not my supervisor." di lain sisi "Ya Tuhan kami sama-sama mahasiswa asing, sedih rasanya melihat dia diperlakukan semena-mena."

Tapi disisi lain, sang Professor sangat baik pada sy, selalu ramah dan mengajarkan banyak hal. Kemungkinan sang mahasiswa Cina memang pemalas, sehingga Professor harus menegur dengan keras agar mahasiswa tersebut sadar. Sebagai mahasiswa asing, biasanya Professor menaruh harapan besar, salah satunya karena beliau ingin lebih dikenal di negara mahasiswa tersebut.

satu kata penutup terakhir..
selalu ambil sisi positif dari segala kejadian..
God Blessed..

2 comments:

  1. setuju dany, profesor yg aku temuin di indonesia sndiri sebagian besar dr mereka pny kelebihan. Pastinya ilmu yg dimiliki tp lbg dari pada itu mrk pny kearifan yg luar biasa.
    kl professor yg diceritakan diatas, terlepas dr sikap beliau yg langsung "usir paksa" , pastinya beliau pny alasan yg cukup kuat knp sampai begitu. yah pd akhirnya tak ada alasan yg cukup kuat agar terlihat benar saat "mempermalukan" orang lain d dpn umum...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya menik, memang ternyata sang foregn student itu pemalas, dan ternyata dia bisa bangkit, buktinya ditahun berikutnya dia mendapat sertifikat "best research",hehehe..mungkin dia perlu dibentak untuk mengeluarkan kemampuannya :D

      Delete